Senin, 07 Juli 2008

Bung Karno Penyambung Lidah Masyarakat Indonesia





Cara yang paling mudah untuk melukiskan diri Soekarno adalah dengan menamakannya seorang yang Maha Pencinta. Ia mencintai negerinya, ia mencintai rakyatnya, ia mencintai wanita, ia mencintai seni dan melebihi daripada segala-galanya ia cinta kepada dirinya sendiri.

Soekarno adalah seorang manusia berperasaan dan seorang pengagum. Ia menarik nafas panjang apabila dia melihat sesuatu yang indah.

Soekarno lahir di Blitar pada tanggal 6 Juni 1901, Ibunya bernama Idaju Nyoman Rai, beliau adalah kelahiran Bali dari Kasta Brahmana dan asalnyadari keturunan bangsawan Radja Singaradja yang terakhir. Sedangkan Bapak Soekarno berasal dari Jawa, nama lengkapnya Raden Sukemi Sosrodiharjo, Bapak Soekarno berasal dari keturunan Sultan Kediri. Soekarno bukanlah orang Indonesia asli dia adalah anak yang tidak sah dari seorang tukang kebun dari perkebunan kopi yang melakukan hubungan gelap dengan buruh perempuan Bumi Putera, kemudian mereka menyerahkan bayi Soekarno kepada orang lain sebagai anak angkat.

Nama Soekarno bukanlah nama asli, namayang sebenarnya yaitu Kusno. Tapi karena sering sakit-sakitan namanya diganti dengan Karno, Karno merupakan nama yang dipilihkan ayahnya. Karno merupakan salah seorang pahlawan dari cerita Mahabaratha sedangan “ Su “ yaitu yang terbaik. Jadi arti dari nama Soekarno adalah pahlawan yang baik.

Soekarno memiliki empat orang istri yaitu Inggit, Fatmawati, Utari dan Hartini. Soekarno tidak mendapatkan anak dari Inggit, kemudian Soekarno menikah dengan Fatmawati dan mempunyai lima orang anak yaitu Guntur, Megawati, Rahmawati, Sukmawati dan Guruh Irianto.

Soekarno pernah bersekolah di Indische School dan ia juga pernah bersekolah di Bumi Putera hanya samapi kelas lima, dan karena bahasa Belanda yang dikuasai oleh Soekarno tidak cukup baik ia terpaksa tidak bisa melanjutkan pendidikan di kelas enam Europeesche Lagere School. Tapi Soekarno juga pernah disekolahkan di Hargere Burger School di Surabaya ( HBS ).

Pada tahun 1956 Soekarno pertama kali berkunjung ke Amerika Serikat dan di sana Soekarno disambut ramah oleh semua warga Amerika Serikat. Soekarno pernah bekerja di Klerk di Stasiun Kereta Api sebagai pembuat daftar gaji. Pada tanggal 4 Juli 1927 Soekarno mendirikan PNI bersama kawannya di Alagemenee Studi Club. Pada bulan Desember 1928 Soekarno berhasil mengadakan suatu deklarasi dari partai PNI dengan semua partai-partai utama yang berhaluan kebangsaan dan disingkat PPKI.

Dikarenakan Soekarno mendirikan PNI paham komunis masuk ke Indonesia sehingga timbul pemberontakan G30SPKI. Sejak saat itu Soekarno sering keluar masuk penjara. Soekarno sebanyak 14 kali tepatnya di penjara Garut, lebih dari 2000 kali dibuang di Tanah Merah, di tengah-tengah hutan Boven, Digul, New Guinea. Soekarno juga pernah masuk penjara Sukamiskin.

Pada saat Soekarno dibuang di penjara Sukamiskin, beliau mempelajari agama Kristen pada Pendeta Vanlieth. Soekarno mempelajari agama Kristen bukan ingin pindah ke agama itu, namun Soekarno hanya ingin menambah wawasan dan pengalaman.

Pada bulan Mei 1940 Soekarno dipanggil ke Markas di Fort Marlborough, karena Hitler menyerbu negeri Belanda. Soekarno juga pernah menjadi seorang penyelundup yang terkenal dan berpengalaman serta ia juga pernah memperolah kelambi. Soekarno juga pernah menjadi pembantu tetap dari Surat Kabar Anwar Tjokroaminoto.

Soekarno pernah menulis cerita sandiwara dari tahun 1934-1938 selama 4 tahun tersebut Soekarno menghasilkan 12 buah karya. Salah satu dari karyanya yaitu berjudul “ Sandiwara Kelimutu “. Cerita Sandiwara Kelimutu terinspirasi dari Danau Kelimutu yang mempunyai 3 warna dan letak Danau Kelimutu yaitu di Pulau Bunga.

Soekarno pernah hidup miskin, ketika Soekarno berumur 6 tahun ia pindah ke Mojokerto.Soekarno tinggal di daerah yang melarat dan mempunyai tetangga yang tidak jauh berbeda. Ketika lebaran Soekarno dan keluarganya tidak dapat merayakan hari penting tersebut dikarenakan tidak adanya uang. Ketika Soekarno berumur 11 tahun ia terserang penyakit Thypus. 2 setengah bulan Soekarno berada di ambang pintu kematian. Tapi ia mencoba bertahan untuk hidup dengan semangat serta dorongan yang diberikan oleh bapaknya. Setelah ia sembuh ia harus bekerja dengan menjual makanan kepada guru-guru ditempat bapaknya bekerja.

Setelah ia dewasa ia mempunyai karier yang sangat membanggakan slah satunya adalah menjadi presiden pertama Republik Indonesia. Tidak hanya itu saja sebelum Soekarno menjadi Presiden dia mendirikan Bandung Studenten Club dan Algemenee Studi Club. Soekarno pernah menjadi guru di sebuah sekolah, namun gagal dikarenakan terlalu sabar dalam mengajar.

Pada tanggal 17 Agustus 1945, Soekarno dan Muhammad Hatta memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia. Setelah menyatukan bangsa Indonesia, ia berusaha menghimpun bangsa-bangsa di Asia, Afrika, dan Amerika Latin dalam Konferensi Asia-Afrika pada tahun 1955 di Bandung, yang sekarang berkembang menjadi Gerakan Non Blok.

Soekarno berhenti menjadi presiden setelah terjadi krisis politik yang sangat hebat melanda Republik Indonesia. Lewat Supersemar (Surat Perintah Sebelas Maret) 1966, Soekarno menyerahkan kekuasaan kepada Soeharto. Soekarno meninggal pada hari Minggu, 21 Juni 1970 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Jakarta. Jenazahnya dimakamkan di Blitar, Jwa Timur.

Soekarno memiliki beberapa prinsip hidup yaitu suka memaafkan, tidak mau menjatuhkan harga dirinya karena uang, rendah hati dan tidak sombong, percaya akan ramalan baik, serta memiliki semangat juang yang tinggi dan berjiwa pemimpin.

0 Comments:

Custom Search